Cara Cepat Menghilangkan Ketombe

Ketombe pada dasarnya adalah kulit kepala yang mengalami pengelupasan, diimbangi dengan kotoran-kotoran yang menempel. Banyak sekali masyarakat yang mengalami kondisi semacam ini, mungkin terbilang biasa saja, namun ternyata dampaknya begitu besar. Berawal dari ketombe biasanya hal ini akan memicu masalah yang lebih serius. Mereka yang memiliki kulit kepala berketombe umumnya juga bisa menurun rasa percaya dirinya. Beragam cara menghilangkan ketombe ditawarkan, mulai dari menggunakan shampo anti ketombe hingga pemakaian bahan-bahan alami.

Hanya saja tak jarang juga beberapa orang yang tidak merasakan efeknya, kulit kepala tetap berketombe, bahkan semakin bertambah parah. Mengatasi ketombe ini tidak bisa sembarangan, paling tidak harus dilakukan menyesuaikan dengan penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini diantaranya ada beberapa faktor yang kerap kali menjadi pemicu munculnya ketombe di kulit kepala, diantaranya adalah:

  1. Jarang keramas, keramas pada dasarnya adalah upaya yang dilakukan untuk membersihkan kulit kepala dan juga rambut dari kotoran dan minyak yang menempel. Ketika seseorang tidak pernah atau jarang keramas, sudah pasti nantinya sel-sel mati yang ada di kulit kepala menumpuk, hal inilah yang menjadikan ketombe. Untuk itu rutin-rutinlah keramas paling tidak sekali dalam 2 hari agar kulit kepala tetap bersih dan sehat.
  2. Terlalu sering keramas, kebalikan dari jarang keramas, ketika seseorang terlalu sering keramas ternyata juga dapat memicu masalah ketombe ini. hal ini dikarenakan rambut yang terlalu rutin dibersihkan, membuat kulit kepala tersebut tidak memiliki waktu yang cukup untuk memproduksi minyak alami, sehingga kulit kepala akan menjadi kering dan juga mengelupas. Jikapun ingin keramas setiap hari, maka gunakan shampo yang diformulasikan khusus untuk penggunaan secara rutin atau daily shampo, umumnya bahan yang diformulasikan didalamnya jauh lebih ringan, sehingga tidak akan memicu ketombe.
  3. Penggunaan produk perawatan rambut yang salah, asal pilih shampo anti ketombe, maupun menggunakan conditioner. Faktanya memang tidak semua jenis shampo akan cocok dengan kondisi kulit kepala. Misalnya adalah jenis kulit kepala yang berminyak dan rambut mudah lepek, pada saat keramas tetap mengaplikasikan conditioner, hal ini secara otomatis membuat kepala mudah kotor dan muncullah ketombe.
  4. Infeksi jamur, beberapa jenis jamur seperti diantaranya adalah malassezia yang bersemayam di kulit kepala dapat menyebabkan terjadinya iritasi kulit, sehingga memunculkan ketombe. Jika masalah ketombe disebabkan oleh hal-hal semacam ini, maka satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Sehingga jamur bisa segera mati.
  5. Kulit kering, kurang minum atau mengalami dehidrasi berakibat cukup fatal pada tubuh, karena menyebabkan kulit menjadi kering, tidak hanya kulit badan dan wajah saja, melainkan seluruh bagian kulit, termasuk diantaranya adalah tangan hingga telapak kaki juga kulit kepala yang mengelupas.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan munculnya ketombe, tentunya berbeda masalah maka akan berbeda pula cara menanganinya. Berikut ini diantaranya langkah yang dapat dilakukan untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala, sehingga membuatnya jadi lebih bersih dan juga sehat, yaitu:

  1. Rutin keramas menggunakan shampo anti ketombe, banyak sekali faktanya produk anti ketombe yang dijual di pasaran, namun sekali lagi tidak semuanya menjamin khasiat untuk mengatasi masalah tersebut. Pilihlah yang diformulasikan dari bahan-bahan alami seperti diantaranya adalah Keiskei, shampo yang satu ini tak hanya difungsikan untuk mereka yang mengalami masalah kerontokan rambut atau kebotakan saja, melainkan lebih dari itu. Diantara kandungannya juga efektif dalam membersihkan kulit kepala, mengatasi infeksi jamur, sehingga membuat kulit kepala menjadi jauh lebih bersih. Keiskei ini diformulasikan dengan teknologi nano dari Jepang, sehingga memberikan khasiat lebih cepat, karena cara kerja produknya adalah langsung masuk ke sumber masalah.
  2. Pakailah hair tonic Keiskei, selain dengan mencuci rambut menggunakan shampo keluarannya, maka sangat dianjurkan pula untuk mengaplikasikan hair tonic, hair tonic ini memiliki manfaat yang tak kalah penting dalam membersihkan kulit kepala, membuatnya lebih segar dan juga merawatnya agar tetap sehat, sehingga tidak ada istilah kulit kepala kering dan memicu ketombe. Karena bisa membuatnya selalu dalam kondisi yang lembab.
  3. Gunakan masker lidah buaya, aloevera dikenal sebagai tanaman yang memang kaya akan khasiat, utamanya adalah untuk rambut, sehingga banyak sekali diantara produk-produk shampo anti ketombe yang memang mengandalkan bahan yang satu ini sebagai campurannya. Bahan ini juga bermanfaat untuk membersihkan kulit kepala dan melembabkannya, sehingga membuat ketombe bisa dengan mudah hilang. Cara pakainya sangatlah mudah, manfaatkan daging lidah buaya tersebut sebagai masker, buang kulitnya dan cuci bersih kemudian haluskan, aplikasikan pada kulit kepala. Gunakan secara teratur sebelum mencuci rambut menggunakan shampo.
  4. Jeruk nipis, jeruk nipis dikenal kaya akan kandungan vitamin C yang kaya akan antioksidan, secara efektif dapat membantu untuk mengatasi masalah ketombe yang ada di kulit kepala. Tak hanya itu pemakaian jeruk nipis ini sendiri juga berguna di dalam menguatkan akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut yang baru. cara pakainya sangatlah mudah, yaitu dengan memeras air jeruk nipis tersebut, kemudian gunakan pada bagian kulit kepala secara menyeluruh, namun hindari kontak dengan bagian kulit kepala yang terluka, karena akan menyebabkan rasa perih seperti terbakar. Setelah itu keramaslah dengan menggunakan shampo.
  5. Lemon, tidak kalah dengan jeruk nipis, maka satu lagi jenis jeruk yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi ketombe adalah lemon. Kandungan yang ada di dalamnya kaya akan antioksidan, begitu juga dengan beberapa jenis vitamin lain layaknya vitamin B, fosfor, magnesium dan yang lainnya, membantu dalam membasmi ketombe. Cara pakainya seperti pada masker jeruk nipis, diperas terlebih dahulu dan aplikasikan pada kulit kepala.
  6. Minyak kemiri, minyak kemiri memang dikenal kaya akan kandungan yang bagus untuk kesehatan rambut, termasuk diantaranya adalah menghilangkan ketombe. Minyak ini bisa didapatkan di pasaran dalam bentuk jadi maupun dengan membuatnya sendiri, aplikasikan pada bagian kulit kepala, lakukan sambil dipijat-pijat pada malam hari, esoknya bisa langsung keramas menggunakan shampo.
  7. Olive oil atau yang dikenal sebagai minyak zaitun dapat memperbaiki sel-sel kulit kepala yang bermasalah, mengelupas karena kering, minyak zaitun ini secara efektif dapat melembabkannya. Dapat menghilangkan ketombe secara alami dan juga permanen, tambahan manfaatnya lagi adalah mampu untuk membuat kulit kepala lebih sehat dan rambut tubuh subur. Gunakan secara merata ke bagian kulit kepala sambil dipijat-pijat.

Mudah bukan, tak perlu lagi khawatir dengan ketombe, selain menggunakan shampo anti ketombe faktanya ada banyak sekali bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasinya. Jangan biarkan ketombe bersarang terlalu lama pada kulit kepala, karena selain terlihat jorok juga sangat menganggu penampilan, segera obati dengan langkah-langkah di atas.

Konsultasi Masalah Rambut?

Whatsapp: 0811 321 6066

Line @Myrichstore

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *